Daftar Harga

Menu Makanan Kesehatan di Maskapai Penerbangan

Menu Makanan Kesehatan di Maskapai Penerbangan

Anda tidak perlu lagi takut bepergian jarak jauh jika Anda sedang menjalani program diet makanan tertentu. Maskapai penerbangan yang Anda gunakan akan membantu untuk mengeluarkan makanan-makanan yang tidak ingin Anda konsumsi. Hal ini juga berlaku pada kondisi medis tertentu, sbb:

  • Diabetes
  • Alergi Makanan
  • Intoleransi Gluten
  • Kolesterol Tinggi
  • Hipertensi
  • Obesitas

Sebagian besar maskapai penerbangan akan memberikan Anda pilihan menu sesuai dengan kebutuhan medis Anda, seperti:

Makanan Hambar

Makanan hambar dibuat untuk seseorang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Oleh karena itu, makanan yang mereka konsumsi umumnya lebih lembut dan rendah serat. Makanan ini juga bebas dari alkohol, minyak dan lemak, bawang putih, bumbu rasa yang berat, makanan mentah dan rempah-rempah yang kuat.

Menu Makanan Diabetes

Makanan ini sangat ideal untuk mereka yang menderita diabetes tipe ketergantungan insulin maupun tidak. Makanan ini biasanya mengandung sedikit atau tidak ada gula sama sekali. Makanan ini juga mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi. Bahkan, penggunaan garam juga sangat minimal.

Makanan Bebas Lemak

Makanan ini dimasak dengan tanpa menggunakan lemak hewan, produk susu serta membatasi tambahan makanan yang mempunyai kadar lemak dan kolesterol yang tinggi, seperti bacon, kulit ayam, kulit bebek, makanan yang digoreng dan daging yang berlemak.

Platter Buah

Sesuai namanya, makanan ini hanya mencakup buah-buahan, buah-buahan segar, buah-buahan kering atau bahkan buah kemasan bebas gula.

Makanan Intoleransi Gluten

Pernahkah Anda mendengar kata “gluten”? Gluten memang merupakan istilah awam bagi masyarakat. Gluten adalah zat yang ditemukan dalam makanan, seperti gandum, rye, barley, oat, dedak, makanan bertepung, sosis atau produk dengan bahan dasar tepung. Tidak semua tubuh manusia dapat mentoleransikan zat gluten ini. Oleh karena itu, maskapai penerbangan juga menyiapkan menu bebas gluten yang tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

Makanan Rendah Kalori

Makanan rendah kalori hanya mengandung sedikit atau tidak ada lemak jenuh. Makanan ini juga mengandung karbohidrat kompleks dan lemak tak jenuh yang tinggi. Karena makanan ini biasa dipesan oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet rendah kalori, maka ia dibuat tanpa lemak dan gula, seperti krim, daging yang berlemak, gorengan, mayones dan makanan penutup yang mengandung lemak yang tinggi.

Makanan Rendah Lemak

Diet rendah lemak sangat mirip dengan diet bebas lemak. Bedanya, diet rendah lemak tidak sepenuhnya membatasi makanan berlemak. Seperti makanan bebas lemak, makanan rendah lemak tidak mengandung lemak hewani dan kolesterol. Makanan ini dimasak tanpa menggunakan lemak hewani atau lemak lainnya, tetapi tinggi akan karbohidrat kompleks dan kaya serat. Tidak mengherankan bila makanan ini biasa disajikan dengan daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, buah-buahan segar, roti gandum dan jus buah tanpa gula.

Makanan Non-Laktosa

Makanan tanpa laktosa disiapkan khusus untuk orang-orang yang tidak bisa mentolerir produk susu. Makanan ini disajikan tanpa bahan yang mengandung susu, seperti susu bubuk, susu, keju, krim, croissant, mentega, margarin dan jenis produk susu lainnya. Sayangnya, walaupun susu dihilangkan dari menu makanan, bukan berarti semua penerbangan bisa menjamin apabila makanan tersebut seratus persen bebas laktosa.

Makanan Rendah Garam

Makanan rendah garam ini sangat baik bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Diet ini membatasi penggunaan garam, seperti MSG, baking soda atau bahan yang memiliki rasa sangat asin. Untuk memberikan rasa, penggunaan bumbu dan rempah-rempah adalah solusinya.

Makanan Non-Karbohidrat

Makanan non-karbohidrat cenderung mengandung lemak yang tinggi, tetapi membatasi penggunaan tepung dan karbohidrat. Biasanya terlihat dari menu pilihan steak dan salad yang mereka konsumsi. Hal ini menyerupai diet Atkins.

Makanan Bebas Kacang

Alergi kacang-kacangan sangat sering terjadi. Agar kegiatan kuliner Anda tetap nyaman, maskapai penerbangan akan mengurangi makanan dengan kandungan kacang seperti, kacang tanah, kacang-kacangan lain, dan selai kacang.

Makanan dengan konsistensi cair atau lunak

Kadang-kadang Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda tidak bisa menelan makanan secara sempurna, misalnya setelah Anda menjalani pembedahan mulut dan gastrointestinal, memasang kawat gigi, dsb. Dalam kondisi ini diet makanan cair sangat dianjurkan. Misalnya makanan yang disaring atau berbentuk sup seperti: misalnya susu, bubur disaring, atau sup bening.

Makanan Diet untuk Maag

Ulkus adalah luka kecil yang biasa terjadi di dalam perut. Oleh karena itu, makanan untuk penderita maag dirancang agar tidak menimbulkan asam yang bisa memicuterjadinya luka. Makanan ini biasanya mengandung bahan-bahan yang mudah dicerna, polos, direbus dan dipanggang (misalnya daging putih atau ikan). Makanan yang dibatasi misalnya yang mengandung asam, seperti jeruk, dan lemon.